6
Kecerdasan Otak Kanan (Tips dan Trik untuk Melatihnya)
Pada era konseptual yang kita alami
sekarang ini lambat laun mulai membuka pengetahuan kita tentang fungsi dan
kerja Otak manusia. Diantaranya adalah fungsi dari Otak sebelah kanan kita,
Kita harus melengkapi penalaran yang diarahkan oleh otak kiri kita dengan
menguasai enam kecerdasan penting yang diarahkan oleh otak kanan kita. Keenam
kecerdasan yang dimiliki oleh otak kanan kita adalah :
1. DESAIN
Ya,
satu diantara kecerdasan dari otak kita adalah desain. Pada era sekarang
sesuatu yang berbentuk barang atau jasa atau apa saja hanya fungsi (atau hanya
ditilik/dilihat secara fungsional saja) akan tetapi juga desain yang diciptakan
harus memiliki nilai estetika, indah, fantastic dan dapat menarik secara
emosional. Apabila kita dapat menciptakan sesuatu yang bukan aja berdasarkan
fungsional akan tetapi dengan nilai desain yang dapat diterima di masyarakat
maka nilai ekonomi barang yang kita hasilkan lebih tinggi dan dapat member nilai
tambah bagi personal.
Dilihat
dari pengertiannya Desain adalah kecerdasan pikiran yang merupakan sebuah
kombinasi antara utility (kegunaan) dan significance (makna) atau dapat
dijabarkan desain adalah kegunaan yang memiliki nilai lebih yang ditingkatkan
dengan makna yang terkandung!. Kita ambil contoh seorang desainer grafis harus
menyiapkan sebuah brosur yang mudah dibaca kalau kita lihat brousir manfaatnya
adalah memberikan informasi yang diinginkan oleh penyebar brosur kepada kalayak
ramai agar orang lain dapat membaca dan mencerna pesan yang diberikan dalam
brosur yang paling efektif adalah nrosur tersebut dapat menarik dan
mentransmisikan gagasan-gagasan dan emosional-emosional yang tidak dapat dibaca
secara kata-kata akan tetapi harus dengan desain gambar-gambar yang indah yang
dapat mepengaruhi rasa dan jiwa bagi siapapun yang melihat,Nah agar gagasan ini
dapat diterima dengan mudah maka diperlukan desain yang bagus,fantastis atau
yang dapat mempengaruhi jiwa yang melihatnya. Bayangkan saja bila browser
dibuat dengan kertas putih dan hanya bertuliskan huruf-huruf yang biasa atau
berupa rangkaian kata tentunya akan sangat membosankan dan tidak memiliki daya
tarik,apabilabrour tersebut dibuat dengan gambaran,desaun pjoto yang menarik
maka secara tidak sadar akan membius dan menarik orang banyak.
Apabila
kita perhatikan segala sesuatu yang tercipta, Baik yang berasal dari alam
(diciptakan oleh Tuhan) maupun yang tercipta dari hasil olah tangan manusia
tidak ada satupun yang lepas dari desain contoh Candi, Pohon,hewan ,manusia
atau bangunan,cangkir,sendok semua barang-barang tersebut memiliki
bentuk-bentuk yang terpola dengan keunikan masing-masing.
Untuk
melatih kemampuan desain kita ada beberapa tips diantaranya:
1.
Mulailah kebiasaan Lebih banyak memperhatikan sesuatu yang selama ini sering
kita perhatikan seperti jalan,mobil,lukisan,gambar atau bahkan alat-alat rumah
tangga seperti sendok,panic atau wajan berilah catatan kecil tentang desain
dari barang-barang tersebut dan bayangkan bentuk dan desain alat-alat tersebut
pada saat pertama kali diciptakan beri catatan dan penilaian juga kemungkinan
pengembangan desain terhadap alat-alat tersebut
2.
Perhatikan plakat, Iklan baliho atau sebuah surat kabar lihat huruf per huruf
dan bayangkan apakah anda bias menciptakan desain huruf yang lebih mudah
dicerna atau kata-kata yang sangat simple dan hanya dilihat sepintas orang bias
mengerti makna dari tulisan tersebut!
3.
Salurkan kejengkelan anda, Carilah sebanyak mungkin barang atau apa saja yang
menurut anda desain barang tersebut sangat buruk, tulis dan catat
gagasan-gagasan extreme anda untuk memperbaiki desain dari barang tersebut yang
menurut anda agak seikit gila tetapi mampu mengundang emosional orang lain
untuk tertarik menilai atau melihat desain yang anda buat.
4.
Perbanyak melihat atau mengunjungi majalah-majalah desain atau situs-situs
tentang
desain,
semakin banyak anda kungjungi dan baca maka semakin banyak konsep-konsep desain
yang tertanam atau terkumpul dalam otak anda dan semakin banyak pula ide gila
tentang desain yang akan anda ciptakan.
Referensi
web: www.Ambidextrousmag.com, dan masih banyak lagi
5.
Wujudkan ide Gila anda dengan membuat desain yang jarang atau baru pertama kali
dilihat tapi ingat desain yang anda buat harus memiliki beberapa syarat dan
unsure untuk desain yang baik diantaranya
A.
Contras (berbedaan) buat garis,warna,bentuk,ruangan,ketebalan menjadi sangat
berbeda dengan desain orang lain
B.
Repetition (pengulangan). Pengulangan unsure-unsur visual membantu
mengembangkan pengaturan dan memperkuat kesatuan dari brosur,lukisan,laporan
berkala,atau kepala surat anda
C.
Alignment (penjajaran) tidak ada yang diletakkan apada halaman,bentuk atau
ruang secara sewenang-wenang, setiap unsure memiliki hubungan dengan unsure
yang lain
D.
Proxymety (kedekatan)benda-benda yang saling berhubungan harus diletakkan
secara berkelompok bersama-sama
……………………………………………….(Robin
William)
6.
Jadilah Orang Pemilih, Pilihlah barang,pakaian,atau apa saja sesuai dengan
penilaian anda tetang desain barang trsebut jangan hiraukan penilaian orang,
atau penilaian mode yang telah ngtren sebab belum tentu sama dengan konsep
desain pada diri anda!
2. CERITA
Kecerdasan
kedua adalah cerita!Kita usahakan dalam hidup kita tidak hanya berargumen akan
tetapi dapat menceriterakan segala sesuatu secara rinci tentang argument kita.
Ketika hidup kita penih dengan informasi dan data. Mengumpulkan argument yang
effectif tidaklahmemadai. Seseorang entah dimanapun pasti akan menemukan
sesuatu yang berbed untuk membantah atau mematahkan argument yang anda berikan.
Esensi dari persuasi,komunikasi dan pemahaman diri telah menjadi suatu
kemampuan untuk menciptakan suatu drana kisah yang menarik.
Cerita-cerita
yang menarik atau memiliki nilai atau kesan tertentu lebih mudah dipahami dan
lebih mudah di cerna serta diingat, Karena dalam berbagai cara cerita adalah
bagaimana atau suatu cara untuk mengingat sesuatu. Sebagai contoh kita akan
menanamkan nilai kebaikan untuk anak kita tentang perilaku buruk seperti mencuri,
kalu kita jelaskan nak….jangan mencuri karena mencuri itu yidak baik…… dengan
argument yang kita tanamkan anak akan lama untuk mengingat mereka hanya tau
kalau mencuri itu dosa dan tidak baik sementara kesan yang kita berikan
terhadap anak kita tidak nyangkut pada ingatan mereka berbeda apabila kita
menceritakan dongeng tentang si kancil yang mencuri timun pak tani……akhirnya
sikancil mendapat hukuman dengan dikurung karena mencuri telah merugikan pak
tani dan karma bagi kancil adalah kurungan…….(anak akan lbh cepat mengingat
konsep mencuri tidak baik akan berakibat sama seperti yang dialami si kancil.
Cerita
sendiri oleh para pakar diterjemahkan sebagai suatu peristiwa kognitif yang
penting, karena mereka meringkas dalam suatu paket yang padatinformasi, pengetahuan,
konteks danemosional. Kita perhatikan tentang film, mitos atau cerita tentang
cinta atau tentang kepahlawanan kalau kita perhatikan cerita tersebut satupun
tidak ada yang baru dalam inti ceritanya akan tetapu yang membedakan antara
mitos yang satu dengan yang lain adalah alur atau tercemahan konsep pada
ceritanya contoh Cerita tentang bandung bondowoso dan sangkuriang, atau kisah
kepahlawanan yang alurnya sang jagoan akan mengalami cobaan atau hamper kalah
akhirnya sang jagoan belajar sadar dan akhirnya menang (cerita ini disetiap
Negara hamper memiliki hikayat atau mitos tentang ini) jadi yang membedakan
dari suatu unsure cerita adalah imajenasi dan penciptaan cerita yang tepat dan
menarik!
Untuk
mempertajam kecerdasan cerita ada beberapa tips yaitu:
1.
Buatlah cerita-cerita singkat dan cerita mini yang terdiri dari 50-100 kata
tetapi cerita yang anda buat harus ada awal-tengah dan bagian akhir tentang
kisah sehari anda yang dirangkai dengan plot dan sedikit imajenasi anda!
Suruhlah orang dekat untuk menilai cerita anda tanyakan pada dia inti dari
cerita yang nada buat apabila ia mengerti kembangkan cerita anda sedikit demi
sedikit.
2.
Buatlah grup atau komunitas cerita yang bias anda bentuk di jaringan social
facebook atau yang lainnya karena dari grup ini anda bisa menulis,mendapat
gagasan,membandingkan cerita anda dengan sahabat atau kenalan anda.
3.
Ambillah alat rekam dan catat kegiatan-kegiatan yang menarik yang anda jalankan
sehari-hari rangkumlah dan buat cerita sesuai dengan daya imajenasi anda yang
sesuai dengan alur alur dan sesauai dengan plot-plot yang ada.
4.
Bacalah artikel dan sebuah cerita dengan membaca cepat kalimat-kalimat pembuka
tutup artikel atau cerita tersebut tebak sesuai dengan feeling atau imajenasi
anda kira-kira gambaran keseluruhan atau inti artikel atau cerita tersebut,
kumpulkan beberapa dugaan dan setelah itu baca lagi dan selesaikan bacaan
tersebut sampai tuntas bandingkan dengan dugaan-dugaan yang anda rangkum kalau
anda jeli maka rangkuman tadi dan isi cerita akan mendekati
5.
Kumpulkan photo atau gambar-gambar yang terdapat pada sebuah cerita dari sebuah
majalah. Dan dengan gambar tersebut munculkan imajenasi anda yang didapat dari
dugaan-dugaan hati anda terhadap gambar-gambar yang anda cermati! Makna dibalik
gambar yang anda lihat dengan menggunakan imajenasi anda akan mempertajam
kemampuan anda untuk mempertingkatkan kecerdasan bercerita!
6.
Menebak dan tanyakan Siapa Orang-orang ini
Apakah
anda pernah mendapati diri anda ditempat-tempat keramain seperti pasar atau
tempat seperti bandara,statsiun atau lapangan udara, sembari emperhatikan dan
bertanya siapakah orang-orang yng berada disana, siapakah orang bereragan yang
ada di supermarket atau station? Bertanyalah pada hati anda dan jawablah
pertanyaan tersebut dibenak anda! Buatlah pertanyaan siapakah 2 orang yang
berada dekat dengan anda ketika suatu ketika anda berjalan-jalan disebuah
supermarket,siapa merekan,nama mereka,apa yang mereka lakukan,berpacarankah
mereka, atau sedang mencari sesuatu,kenapa mereka disini dan selanjutnya mereka
hedak kemana. Lihatlah tanda-tanda dan arti gerakan mereka orang sering
enafsirkan tanda gerak tubuh dan gelagat yang sama dengan suatu penafsiran yang
berbeda brdasarkan pengalaman hidup yang mereka alami, latihan ini dapat membantu
anda menantang berbagai asumsi, mengabaikan steriotip-steriotip dan akan dapat
membantu anda memperluas cerita-cerita yang anda buatdengan interaki yang anda
lakukan pada keluarga, teman,pacar atau kolega!
3. SIMPONI
Tidak
hanya focus tetapi harus ada simponi………………………………………………………..
Simponi
adalah suatu kemampuan untuk menggabungkan pecahan-pecahan menjadi satu
kesatuan yang berarti dan memiliki makna,ia merupakan kemampuan untuk
menggabungkandari pada menganalisis, melihat hubungan antara bidang-bidang yang
tidak memiliki hubungan sama sekali,mendeteksi pola-pola umum ketimbang
menyampaikan jawaban-jawaban yang kusus,menggabungkan sesuatu yang baru dengan
menggabungkan unsure-unsur yang tidak seorangpun berpikir untuk memperbaikinya.
Salah satu cara untuk memahami dan mengembangkan kecerdasan simponi adalah
belajar tentang bagaimana cara menggambar suatu objek—- sebuah ketrampilan yang
sepertinya mudah dan sederhana tapi bila tidak terlatih akan snagat
susah….seperti menggambar wajah sendiri! Kalau kita lihat atau mau mendengarkan
kecerdasan simponi yang sangat mengagumkan (betapa dasyatnya kecerdasan ini)
anda dengar lima karya klasikyang direkomendasikan para pakar yaitu :
*Beethoven
9th symphony, salah satu yang terkenal dari simponi ciptaan beet adalah “Ode to
Joy merupakan suatu simponi yang menyenangkan dan terkenal sepanjang masa
*
Wolf Cang Amadius Mozar’t dengan simponi no 35 dengan judul “haffner Symphoni’
dalam simponi ini Mozart memasukan suara seruling yang menciptakan sebuah
kesatuanyang secara dranatis mampu melebihi jumlah bagian-bagiannya
*
Mabler’s 4th symphony in G Major dalam alunannya inspirasi dijadikan sebagai
suatu yang bernilai dan dasyat
*
Tchoikovsky’s 1812 Overture dengarkan secara seksama alunan simponi yang
memiliki ketukan dan harmoni yang dapat menggugah emosional kita
*
Haydn,s symphony No 92 in G Major, “Surprise, untuk menguasai kecerdasan
simponi anda mesti terbuka pada sebuah keterkejutan dan keterkaguman dimana
haydn menggunakan keterkejutan untuk memperluas dan memperdalam music yang
tertata oleh alunan irama dan harmoni yang pelan akan tetapi berkesan
menghentak
Dengan
kecerdasan simponi orang dapat merubah sesuatu yang sianggap biasa menjadi luar
biasa dengan menggabungkan beberapa unsure,harmoni,birama yang tertata dan
membentuk sebuah karya yang dasyat,kita lihat para komponis dan para pelukis
dapat mengubahnya kedalam karya seni yang menarik, kita lihat karya Afandi yang
cenderung abstrak dan terkesan awut-awutan akan dapat menggugah emosional orang
yang melihatnya dan bernilai ratusan juta rupiah.
Tips
dan cara mengelola dan mempertajam kemampuan kecerdasan simponi
1.
Latihanlah Mempelajari segala sesuat dari took buku,dengan cara gunakan waktu
anda sekitar 20 menit untuk memilih beberapa judul buku yang sama sekali belum
pernah anda lihat dan and abaca gunakan cara membaca cepat dan pintas atau
gunakan waktu untuk melihat-lihat ganbar najalah yang ada di took buku itu
kemudian rangkailah bagian demi bagian dalam buku tersebut,kemudian carilah
hubungan dengan apa yang menjai pekerjaan dan kegiatan anda dan carilah gagasan
dan ide baru didalamnya terapkan pada keguatan anda masing-masing tentunya yang
memiliki nilai tambah dan nilai positif dalam kehidupan anda.
2.
Menggambar, adalah cara yang paling bagus untuk melatih kecerdasan simponi kita
karena dengan menggambar kita melihat suatu hubungan-hubungan dan
mengintegrasikan hubungan-hubungan tersebut kedalam suatu kesatuan-kesatuan
yang utuh dan memiliki nilai dan makn yang lebihserta dapat mempengaruhi
emosional otang yang menilainya
3.
Buatlah Buku catatan tentang kiasan,kembangkan MQ (Kecerdasan Metaforis) anda
dengan menuliskan kiasan-kiasan yang menarik dan mengejutkanyang anda temukan,
Coba berlatihlah selama beberapa hari,simpan satu buku kecil catatan-catatan
dengan cepat ketika anda membaca surat kabar atau membaca majalah. Kiasan dapat
dalam bidang apapun dapat berupa ungkapan,pendapat atau berupa falsafah hidup
dari seseorang,kemudian rangkailah dan nilai ungkapan yang anda buat jika
berbau muatan positif yang dapat menggugah emosional orang maka terapkan dalam
kehidupan anda!
4.
Ikuti Hubungan-hubungan yang telah dan akan terjalin
Pilih
salah satu kata yang anda anggap menarik ,ketik dalam mesin pencari
(google,yahoo.MSN,dll) dan kemudian ikuti salah satu hubungannya yang berkaitan
dengan topic atau kata yang anda inginkan dan berpetualanglah lebih dalam
kedalam topic tadi, Ulangilah hal-hal ini sampai tujuha atau delapan kali
kemudian refleksikanlah apa yang anda pelajari tentang topik yang asli yang
anda tuliskan tadi dan sekaligus penyimpangan-penyimpangan yang anda
temukanselam proses pencarian (Browsing),catat pola-pola atau tema-tema apa
yang muncul? Hubungan-hubungan apa yang muncul dan kerancuan-kerancuan apa saja
yang ada dipikiran anda tentang hubungan-hubungan yang menurut pikiran anda
merupakan hubungan yang menyimpang dan tidak ada kaitan dengan topic anda.
Melatih dengan cara ini merupakan suatu komitmen yang ada pada diri kita untuk
belajar dengan kesanggupan menemukan informasi visual secara kebetulan dan
mengaktifkan daya pikiran,imajenasi dan ide yang mungkin muncul dari system
berurut ini atau dapat juga anda lakukan dengan generator situs web yang acak
web search (seperti www.randomwebsearch.com) mulailah pilih acak situs yang
sama sekali belum pernah anda kunjungi bahkan belum pernah and abaca dan tidak
pernah anda harapkan hal ini meningkatkan daya apresiasi anda terhadapa
hubungan-hubungan simponik yang terdapat pada gagasan-gagasan yang muncul
5.
Cari Soslusi dalam pencarian masalah
Masalah
membutuhkan sebuah solusi hal ini adalah kaidah yang sangat mendasar akan
tetapi untuk mencari sebuah solusi yang cerdas dan tepat untuk menyelesaikan
sebuah masalah terkadang memerlukan beberapa masalah.menurut professor dari
Yale, Barry Nalebuff dan ian aires, menganjurkan kita menganalisa sebuah solusi
yang anad dan menanyakannya dengan 2 pertanyaan yaitu:
*
Dimana Lagi ia kan berfungsi?
Terkadang
kita dapat menghilangkan kesulitan-kesulitan dari suatu wilayah ke wilayah yang
lain. Contoh sangat banyak sekali masalah yang dapat terpecahkan oleh satu
solusi yang sama akan tetapi untuk memecahkan masalah yang beraneka ragam,
contoh Masalah maaf (Jihat), sama-sama jihad untuk kepentingan membela agama
masalahnya tempat dan lingkungan jihat tersebut yang berbeda saya sellu
berfikir Jihat di Palestin jauh lebih bermanfaat dan jauh lebih dibutuhkan dari
pada jihat di daerah lain seperti Indonesia masalahnya dalah Jihad (penyaluran
kewajiban membela agama) tetapi seharusnya solusi tempat yang tepat adalah
tempat yang benar-benar urgen dan membutuhkan orangoorang untuk membantu
berjuhad kenapa gak di palestina sekalian?? Atau masalah lain yang membutuhkan
solusi yang sama
*
Apakah mengutak atik atau membalik-balik itu akan berhasil?
Mengubah
pilihan yang salah merupakan sebuahlangkah sederhana yang dapat meraih
keberhasilan atau hasil yang sangat bagus.
Contohnya
suatu anggapan yang selama ini saya anggap salah mendonot darah anda akan
berakibat negative terhadap daya tahan tubuh anda atau dapat membuat orang
menjadi gemuk atau dapat tertular HIV, sepintas beberapa prnyataan diatas ada
benarnya akan tetapi menurut saya benar tidaknya bila kita lihat dari kondisi
pada saat donor tersebut, Donor darah tidak akan mengurangi daya tahan tubuh
apa bila pendonor dalam kondisi sehat dan fit, donor darah tidak aberakibat
kegemukan apabila anda tidak termakan sugesti setalah donor anda akan
membutuhkan gizi dan makanan lebih, donor darah tidak akan menularkan HIV
apabial sterilisasi alat donor mengikuti kaidah atau aturan yang berlaku,
dengan memperbaiki anggapan atau pendapat yang salh ini kita dapat
menyelamatkan nyawa orang lain.
6.
Ciptakan Papan Inspirasi
Ketika
anda tengah mengadakan suatu pekerjaan atau proyek tempelkanlah sebuah papan
yang menurut anda cukup untuk menyalurkan inspirasi,ide dan kreatifitas,
photolah atau carilah gambar-gambar yang berhubungan dengan proyek anda sesuatu
yang dianggap menarik dikala sedang menjalankan proyek tempel pada papan
inspirasi dan cari hubungan yang mungkin terjadi antara gambar yang satu dengan
gambar yang lain. Para perancang mode dunia telah lama menggunakan papan ini,
sembari memberikan dan membentuk komposisi artistic yang berfungsi sabagai
sesuatu yang memperluas pikiran dan sebagai petunjuk-petunujk konseptual.
Berpikir melalui Visualisasi jauh lebih efektif dan lebih bermanfaat dari pada
denagn cara yang lain
7.
Carilah literature,buku atau apapun tulisan yang membahas tentang bagaimana
berpikiran untuk memproses sebuah music, penciptaan sebuah lukisan, penciptaan
sebuah bangunan (hubungan antara satu patung atau ruangan berpola artistic
dengan runagn lain),identifikasi pola-pola dan hubungan gagasan yang mungkin
membutuhkan cara-cara yang baru untuk saling berbicara satu sama lain dengan
gagasan yang saling efektif,efisian dan saling mendukung satu sama lainnya.
8.
Lakukan Curah gagasan (Brainstorming)
Kumpulkan
rekan,partner atau teman yang memiliki visi atau pemikiran yang sama tentang
sesuatu, Curah gagasan yang benar dan efektif adalah tidak bersifat bebas dan
acak atau tidak teratur,mereka mengikuti struktur yang terbukti memunculkan
gagasan yang bagus. Untuk melakukan curah gagasan (searing ide) yang efektif
dan benar ikutilah aturan-aturan ini (diambil dari Buku Tom Kelley yang
berjudul the face of innovation) kaidah tersebut adalah:
1.
Kejar Kuantitas gagasan yang muncul
Yang
dimaksud di sini bukan jumlah personalnya atau orangnya yang banyak akan tetapi
jumlah gagasan yang dikeluarkan oleh orang yang mengikuti searing ide tersebut
kalau efektif dan membutuhkan pemikiran dari beberapa orang mengapa harus
banyak orang? Akan tetapi perlu diingat juga 25 kepala akan jauh lebih baik
dari 5 kepala baik dalam pemikiran ide maupun pendapat jadi lakukanlah ecara
effectif esuai dengan situasi yang ada!
Gagasan-gagasan
yang bagus munculnya dari banyak gagasan yang ada tentunya membutuhkan
pemikiran dan gagasan yang banyak. Susunlah tujuan yang numeris atau tersusun
secara sistemati katakana lah jumlahnya banyak sampai 100 gagasan
2.
Dorong Munculnya gagasan-gagasan yang liar atau terkesan mustahil dan gila
Ekstremisme
terkadang dibutuhkan dan dianggap sebagai nilai yang baik,karena gagasan yang
tepat seringkali mengalir dari apa yang mulanya Nampak ekstrem dan asing
3.
Ciptakan gambaran-gambaran
Gambaran
dapat berupa tulisan atau pemikiran dan sketsa,gambaran yang dapat memotivasi
atau dapat membuka kreatifitas
4.
Tunda Penilaian
Tidak
ada sesuatu sebagai suatu gagasan yang buruk oleh karena itu buanglah
orang-orang yang skeptic,pertama kali anda harus berpikir secara kreatis dan
selanjutnya mulailah dengan cara kritis! Buang jauh-jauh dengan kebiasaan yang
telah berjalan lama karena sebuah gagasan yang bagus dan matang akan
dimentahkan dengan keniasaan atau traisi yang telah berjalan lama dan telah
disakralkan.
5.
Satu Percakapan dalam satu waktu
Dengar,
Berlaku sopan dan jadikan gagasan-gagasan orang lain untuk membangun
gagasan-gagasan yang akan kita kemukakan dan Jangan sekali-kali beranggapan
skeptic terhadap gagasan orang lain dan jangan sekli-kali menganggap gagasan
orang lain buruk hormati dan syukuri gagasan orang lain sebagai sumber ide
untuk membangun gagasan yang lebih cemerlang dan lebih hebat!
6.
Catat klasifikasi dan berpikirlah
Catat
semua gagasan yang telah atau sedang terlontar dari pemikiran orang lain
kedalam suatu daftar periksa dan baca dengan seksama serta klasifikasikan
gagasan yang searah atau seide berpikirlahgagasan apa yang akan saya lontarkan
yang dapat menfasilitasi atau yang dapatmencakup kepentingan dari semua gagasan
tersebut biasanya gagasan yang akan muncul akan lebig dasyat atau setidaknya
kita telah memiliki gambaran besar tentang visi dari gagasan yang telah
dilontarkan dan secara otomatis wawasan dan cara pandang kta tentang sesuatu
masalah atau sesuata gagasan lebih terbukan dan lebih bijaksana………………..(hasil
pemikiran saya sendiri)
9.
Rayakan Keamatiran Anda
Jangan
sekali-kali bangga terhadap kemampuan anda,atau keahlian anda atau anda merasa
kuat,percaya diri bebas bergerak dan merasa mampu, Jika anda menginginkan
sebuahkehidupan yang kreatif maka berusahalah melakukan sesuatu yang anda
merasa tidak bias dan alamilah serta rasakan keindahan dari kesalahan-kesalahan
yang anda biat. Petik hikmah dan manfaat dari kesalahan tersebut buang
jauh-jauh pemikiran atau dampak negative yang ditimbulkannya. Dan akan lebih
indah lagi jika perbuatan-perbuatan diatas dilakukan dan dirasakan untuk
benar-benar memahami lingkungan dimana anda melakukan hal tersebut.
10.
Cari Ruang-ruang Negatif
Ruang
negative adalah bagian-bagian dari gambaran besar yang seringkali diabaikan.
Karenanya latihlah mata anda (Visualisasi anda) untuk melihatnya. Ketika anda
berjalan melintasi took atau halaman sebuah majalah lihatlah dengan cepat apa
yang paling menonjol (atau menarik) dan periksalah apa yang ada
diantaranya,diluar dan disekitarnya. Kesadaran melihat dan menilai ruang
negative akan mengubah pandangan anda terhadap suatu lingkunagn sekitar anda,
dan ia akan menjadi ruang positif bergerak kefokus, ini juga akan membuat anda
terkejut. Ini juga akan melahirkan empati anda terhadap lingkungan dan sangat mungkin
akan menimbulkan ide gila yang bagus! Sebab ruang negative sangat jarang
diperhatikan dan diamati oranghal ini juga menurut atau tunduk pda kaidah alam
ada runga bagus positif disatu sisi juga akan terdapat ruang yang negative akan
tetapi sebuah ruang negative tidak selalu buruk!
4. EMPATI
Tidak
hanya Logika akan tetapi juga EMPATI, Ya ..empati juga merupakan salah satu
dari keenam tingkat kecerdasan otak kanan. Kapasitas untuk berpikir sesuatu
yang logis adalah salah satu hal yang membuat kita menjadi manusia. Namun dalam
sebuah dunia yang penuh dengan informasi yang menyebar dan alat-alat analitis
yang maju, logika sendiri akan tidak biasa. Contoh ketertarikan seseorang pria
dengan wanita , apa yang akan membedakan mereka berkembang dengan cepat boleh
jadi karena mereka memiliki kemampuan untuk memahami apa yang membuat teman
laki-laki atau perempuan bergerak untuk mempererat hubungan mereka serta peduli
terhadap orang lain yang ada disekitar mereka.
Empati
adalah suatu cara dan kemampuan untuk membayangkan diri anda berada dalam
posisi orang lain dan memahami dengan intuisi apa yang dirasakan orang lain. Ia
merupakan suatu kemampuan untuk mengalami dan merasakan dari sudut pandang
orang lain,ia juga sesuatu yang muncul atau sesuatu yang kita lakukan secara
spontan dan ia merupakan suatu tindakan naluriah yang dialakukan dengan ketidak
sengajaan. Perlu diingat dan diperhatikan bahwa empati tidak sama dengan
simpati, simpati merupakan perasaan penyesalan terhadap orang lain ia merupakan
perasaan dengan orang lain merasakan apa yang mungkin terjadi apabila kita
menjadi orang itu. Empati merupakan tindakan imajenatif yang brani,
merealisasikan virtual yang tinggi memasuki dunia orang lain untuk mengalami
dunia dari prespektif orang itu jadi kita memposisikan diri kita tetap sebagai
orang diluar orang lain tersebut atau memposisikan dirikita sebagai kita
sendiri.
Cara
untuk mengasah atau untuk meningkatkan kemampuan ini dapat dilakukan dengan :
1.
Lakukan Tes terhadap diri anda sendiri
Para
psikologi telah menciptakan cara untuk mengetes seberapa besar kecerdasan
empati anda yang terdapat secara gratis di Internet dan tentunya berbahasa
inggris. Maka mulailah merancang suatu untuk mengetes empati yang anda miliki
diantaranya tes tersebut adalah :
o
Emphaty Quotion (kecerdasan Empati)
Mengukur
EQ anda denagn instrument enam puluh pertanyaan simon baron-cohen, yang akan
menentukan apakah anda memiliki “otak perempuan” atau otak laki-laki” juga
ukurlah kemampuan sistimatisasi (info lengkap di tiyur.com/dbsd8, untuk info
tentang SQ: Tiyur.com/7taj8)
o
Spot the fake smile (identifikasikan senyum yang palsu)
Untuk
membantu mengetahui seberapa pandainya kita melihat sesuatu yang dilakukan
secara alami atau sesuatu yang diciptakan secara terpaksa! Carilah
gambar-gambar orang tersenyum lihat dan beli penilaian apakah palsu atau tidak
serta kemukakan pendapat dan alas an anda terhadap senyum tersebut.
o
Mint In the eyes test (tes pikiran dalam mata)
Mengukur
kemampuan kiat untuk mengidentifikasi ekspresi wajah hanya dari mata
seseorang,lakukanlah tes ini dengan teman anda dengan cara mengambil photo
seseorang dalam berbagai posisi, tutup wajah tersebut dan sisakan pada bagian
mata saja dan tebak apakah ekspresi wajah dari mata photo tersebut,
senangkah?susah?tersenyum?atau marah!
2.
Dengar Secara diam-diam
Konsentrasilah
dan dengarkan percakapan orang yang berada disekitar anda dan bayangkanlah
apabila anda berada di posisi salah satu diantara mereka dan larutlah dalam
percakapan mereka. Rasakan apa yang anda rasakan? Apa yang anda lakukan dan
apakah yang anda pikirkan, berperanlah sebagai salah stu tokoh dari kedua orang
tersebut. Atau anda dapat berlatih dengar mendengarkan percakapan orang lain
tanpa anda melihat orang tersebut bayangkan,tebak berapa usia orang tersebut,ciri-ciri
apa yang ada pada orang teburset,orang tersebut bersuku apa? dan karakter apa
yang dimiliki orang tersebut!dan bandingkan jawaban anda dengan cirri-ciri
orang tersebut dan seakurat apa tebakan anda!
3.
Mainkan Peran anda sebagai “Kehidupan orang lain”
Mintalah
salah seorang teman anda(dari satu team) untuk meminjamkan dompet,tas atau tas
pinggangnya juga mintalah teman anda untuk mengeluarkan barang-barang dalam tas
itu yang ada tertera atau tercantum namanya kemudian dikumpulkan dalam sebuah
kelompok yang beranggotakan lima atau enam orang dan secara acak lihat lagi
isinya dari barang-barang tersebut tanpa mengetahui milik siapakah
barang-barang tersebut,untuk menentukan jenis kehidupan
apa(personal),profesi,emosional dan sifat yang dijalani oleh orang yang
memiliki barang tersebut hanya dengan mendeteksinya dari baran-barang yang
dimiliki oleh orang terebut misalnya apakah tas tersebut penuh dengan
barang-barang yang teratur atau berantakan,jenis barang yang dibawa dalam tas
atau tas tersebut tersusun rapid an tidak terlalu banyak barang yang
dibawa!karena gaya hidup seseorang tercermin dari apa-apa saja jennies barang
yang dibawa,macam barang yang dibawa,peletakan barang yang dibawa,atau jenis
pakaian dan parfum yang digunakan. Bermain permainan seperti ini sangat
menyenangkan akan tetapi ingat jaga kerahasiaan orang tersebut!!
4.
Ber-Empati pada pekerjaan
Mestipun
kita percaya pada apa yang disebut kecerdasan empati akan tetapi acap kali kita
sering gagal mendemostrasikankepada setiap orang yang mengelilingi kita.
Berikut ini adalah 2 teknik yang mampu menngkatkan empati kita dalam sebuah
kelompok atau team
1.
Satu Hari dalam Kehidupan
Apakah
anda tau pekerjaan yang sesungguhnya yang dilakukan oleh kolega atau relai anda
atau teman seprofesi anda. Aktifitas ini akan membantu anda untuk
mengetahuinya:
Suruh
setiap peserta untuk menamai atau mencantumkan namanya diatasselembar kertas
dan kemudian buat empat katagori : Poin tertinggi, Poin terendah, kegagalan dan
penghargaan. Pasanglah semua lembaran tersebut diatas dinding, dan suruh setiap
orang berjalan di ruang tersebut dan menulis apa yang mereka kira sebagai
jawaban atu penilaian terhadap koleganya! Apakah penghargaan besar paling
banyak diterima oleh si A atau frustasi sering dialami oleh si C atau poin
tertinggi dinilai berhak untuk D dan seterusnya setelah itu kumpulkan jawaban
tadi dan bagikan kepada masing-masing hindividu dan bahas apa yang tertulis
pada lembaran tadi antara peserta yang satu dengan yang lain saling member
masukan dan saran dari penilaian tersebut!
2.
Bagaimana saya sampai kesana?
Terkadang
anda bekerja dengan banyak orang dalam suatu wilaya, mungkin anda hanya hafal
dengan nama mereka dan jabatan mereka atau hanya hafal dengan asal dari mereka
akan tetapi anda tidak mengetahui bagaimana cara atau cerita dari orang
tersebut sampai bias memasuki perusahaan tempat mereka bekerja dari
cerita-cerita inilah akan menggugah rasa simpatik anda tentang sejarah personal
dari seseorang. Saya yakin ada yang ceritanya tragis atau mengalami unsure
kesedihan,ada yang ceritanya dilator belakangi oleh unsure kesuksesan>
Berbagi cerita tentang sejarah hidup bagaimana saya bias sampai sini akan
menggugah rasa simpati,empati dan juga mempererat hubungan antara satu dan
lainnya sehingga tercipta saling pengertian yang tinggi.
5.
Lakukan Pembacaan Pikiran
Berusahalah
baca pikiran seseorang dengan cara menebak melalui apa saja yang dia
lakukan,gerakan tangan atau ekspresi dari wajah yang mereka tampilkan atau
berusahalah membaca kemana arah pikiran orang lain dengan cara memperhatikan
pembicaraan mereka. Karena pikiran seseorang tercermin dari perbuatan yang
mereka lakukan.
6.
Menjadi Sukarelawan
Cara
hebat untuk mempertajam rasa empati kita adalah dengan mengejar pengalaman
sebagai sukarelawan. Abdikanlah kemampuan anda untuk memperjuangkan sesuatu
dalam komunitas relawan anda. Anda bias saling berbagi pengalaman dan merasakan
apa yang kalian perjuangkan betapa menyenangkan atau betapa beratnya!
5. PERMAINAN
Tidak
hanya keseriusan akan tetapi permainan.Bukti-bukti yang falit dan juga akurat
telah ditemukan oleh para ahli kesehatan dan kejiwaan tentang konsep positif
dan manfaat yang ditimbulkan oleh Ketwa(tertawa),bersikap tenang,permaianan dan
humor. Tentunya juga ada kalanya kita harus bersikap serius dalam waktu-waktu
tertentu akan tetapi sikap serius janganlah terlalu di jalankan sampai
berlarut-larut serius boleh akan tetapi harus diselingi oleh kegiatan-kegiatan
yang lain yang bersifat menghibur. Banyak penelitian yang mengatakan berserius
yang berlebihan akan berdampak pada kejiwaan dan berdampak pada lingkungan
serta bermuatan nilai negative.
Seperti
lima kecerdasan yang lain permainan merupakan kecerdasan yang timbul dari
baying-bayang ketidak seriusan dan mengambil sebuah tempat dari pusat
perhatian. Homo ludens (manusia yang bermain) terbukti sama efektifnya dengan
homo sapiens (manusia mengetahui) dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan.
Permainan menjadi bagian yang penting dari sebuah pekerjaan, Bisnis dan
kesejahteraan pribadi kebermaknaanya mewujudkan diri pada tiga hal yaitu
permainan,Humor dan kesenangan
Permaiana:
Khusnya permainan game computer/video game/play station menjadikan sebuah
komuditi industry bedar dan berpengaruh yang mengajarkan pelajaran-pelajaran
yang menggunakan otak yang utuh kepada para pelanggannya dan merekrut genarasi
baru yang berani dan trampil dalam menggunakan otaknya yang utuh.
Humor
: memperlihatkan dirinya sebagai pertanda yang akurat bagi efektifitas
manajeral, kecerdasan emosional dan gaya berpikir yang khas dari belahan otak
sebelaah kanan, Orang yang pandai berkelakar dan melontarkan cerita-cerita
humor berarti dia emiliki tingkat kecerdasan otak kanan yang lebih dibandingkan
orang lain karena seseorang berhumor nerarti dia telah menghidupkan daya imajenasi,simpatik,desain
dan juga emosionalnya ke dalam suatu perbuatan yang dapat mengundang
refleksionalisasi terhadap kesenanangan orang lain.
Kesenangan:
dicontohkan dengan ketawa yang tulus dan lepas mendemontrasikan kekuatan yang
akan membuat kita lebih produktif dan puas.
Cara
untuk merangkan kecerdasan ini adalah dengan
1.
Carilah kelompok atau kumuniti?kumpulan orang orang yang senang tertawa atau
kelompok ketawa.
Tertawalah
selagi anda bias ketawa karena diyakini ketawa merupakan terapi melawan penyakit
dengan cara menghidupkan atau mengaktifkan hormone-hormon yang penting dlam
tubuh kita. Dengan ketawa kondisi stress dan problem yang kita hadapi biasa
sejenak kita kurangi beban sertakapasitasnya yang masuk dalam pikiran kita.atau
kalau anda mampu buatlah klup ketawa didaerah anda dengan pendaftaran serta
free member. Carilah sumber-sumber yang membuat kita ketawa seperti rekaman
video lucu, permaiana yang unik dan lucu atau kumpulan bayolan dari beberapa
grup lawak! Usahakan tertawa anda tulus dan lepas!
2.
Amati kejadin-kejadian aneh yang anda alami selama sehari, beri catatan khusus
tentang kejadian lucu, kejadian usil dan kejadian yang menarikbuat catatan dan
ingat kejadian tersebut dalam team anda atau kelompo kerja anda saling bertukar
kelakar dan cerita humor akan membuat suasana yang tenang dan senang!
3.
Bermainlah sebuah Game dan jalani hobby anda
Bermainlah
sebuah game dikala hati atau suasana tidak mengenakan, Pilihlah game-game yang
memang menyenangkan hati anda apabila anda bias larut dalam game tersebut
berarti anda telah mengasah tingkat kesenangan anda, catat beberapa hobi yang
paling anda nikmati ebtah menggambar, lukis, bermain music atau nyanyi!
Usahakan salurkan hobi anda di sela-sela kesibukan anda! Ada beberapa situs
game yang terkenal:
Game
spot ((www.game talk.com),game zone (www.gamezone.com), Newsgaming
(www.Newsgaming.com), Open directory project video game
(www.dmoz.org/games/video_games/full index.html), There (situs game petualangan
online)(www.there.com) dll
4.
Kembalilah ke masa kecil anda!
Mungkin
ini suatu hal yang secara rasional tidak akan terjadi atau kurang masuk
akal,kita tidak mungkin lagi balik ke masa kecil kita, cara terbaik untuk
berhubungan dengan masa kanak-kanak anda yang paling dalam adalah keluar untuk
bermain. Cari tempat-tempat yang suasananya mendekati dengan suasana pada saat
anda masih kanak-kanak seperti jalan-jalan ke sebuah taman kanak-kanak atau
sekolahan yang banyak terdapat anak-anak bermain perhatikan dengan cermat
tingkah dan polah mereka salah satu dari peristiwa yang anda perhatikan terebut
pasti ada yang menggugah anda untuk ikut atau pingin larut bermain dengan
anak-anak tersebut dan menggugah anda untuk tersenyum.atau anda bias
mengunjungi ke panti asuhan dan larut serta ikut larut dalam pernaibab mereka
dan bayangkan bahwa pada saat anda bermain umur anda sesuai atau seusia mereka.
5.
Analisis sebuah Lelucon
Contohnya
ada beberapa pendeta,rahib dan biara wati masuk ke sebuah bar dan penjaga ber
terheran-heran dan bertanya”apakah ini lelocon?” jawabannya tentu saja Ia,nah
alas an yang menganggap ini sebagai lelucon itu apa?apa arti kelucuan ini atau
apa yang buat cerita ini lucu dan apakah ada makna dibalik lelucon yang
terlontar ini. Analisislah lelucon seperti model diatas dengan seksama,nyantai
akan tetapi esenialnya mengena, Tertawalah ketika lelucon itu lucu dan
berpikirlah ubtuk apa lelucon ini di buat dan apa tujuannya sang pengarangnya
apakah Hanya untuk menghibur atau ada misi lain!
6.
Ciptakanlah karya humor yang dapat memancing orang lain yang berupa cerita dan
gambar!
Buatlah
cerita atau alur sebuah kisah yang mengandung unsure humor atau buatlah sebuah
teka teki yang jawabannya merupakan unsure dari humor coba buatlah
sebanyak-banyaknya dan koleksilah cerita atau gambar tersebut selam
seminggu,dan bertekadlah meningkat dari minggu ke minggu dan coba terapkan
dalam kehidupan sehari-hari dan buatlah karya baru yang lucu!
6. MAKNA
Tidak
hanya akumulasi tetapi juga Makna. Hidup kita dalam sebuah dunia yang berisi
berbagai macam limpahan materi yang menarik, ini membebaskan ratusan juta orang
dari perjuangan sehari-hari dan dan membebaskan kita untuk mengejar kesenangan
yang lebih bermakna: memiliki tujuan, Transendensi, dan pemenuhan
spiritual.Makna merupakan sesuatu yang erat kaitannya dengan spiritual, arti
kebahagian dan perjuangan hidup untuk menggapai suatu tujuan serta perasaan
yang memiliki suatu arti tertentu!Makna juga berarti penilaian,kesan yang
dikeluarkan oleh diri kita atau orang lain terhadap suatu tindakan kita atau
tindakan orang lain.
Untuk
meningkatkan atau memngasah kecerdasan ini dapat dilakukan dengan beberapa cara
sederhana diantaranya :
1.
Sesering Mungkin Mengucapkan kata terimakasih
Ucapan
terimakasih dapat berfungsi . Perasaan-perasaan terimakasih meningkatkan
kesejahteraan dan memperdalam perasaan seseorang erhadap makna. Penelitian
saligman dan beberapa karya ilmuwan yang lainyang sedang meneliti dan
mempelajari pikologi positif menyatakan bahwa ucapan terimakasih merupakan satu
unsure yang penting dari salah satu kebahagian personal. Orang-orang yang
berterimakasih pada hal-hal khusus pada masa lalu mereka, yang tinggal dalam
kesuksesan manis ketimbang kekecewaan-kekecewaan yang pahit cenderung lebih
puas pada masa sekarang ini, Kunjunagan terimakasih dan ucapan terimakasih akan
menjadi satu cara yang sangat efektif untuk meningkatkan intensitas,durasi dan
frekuensi dari Ingatan positif. Dengan kata lain ucapkanlah kata terimakasih
terhadap suatu hal,baik hal yang besar atau hal-hal yang kecil tentang hal-hal
yang anda anggap menuntungkan atau bernilai positif dalam kehidupan anda bauk
pada para tetangga atau para sahabat,teman bahkan pada sang Maha Pencipta.
2.
Lakukan Tes terhadap 20-10 orang
Tes
yang dilakukan oleh Jim kolin yang mendorong banyak orang untuk melihat pada
kehidupannya khuusnya mengenai pekerjaan dan nyatakanlah pada diri mereka
apakah mereka masih melakukan apa yang mereka lakukan seperti sekarang atau
melakukan kebiasaan-kebiasaan rutin mereka jika mereka mendapatkan hadiah tanpa
syarat sebesar 1 Milyart atau lebih? Atau jika mereka di fonis umur mereka
hanya satu bulan lagi apakah kegiatan rutin tersebut masih mereka lakukan?Jika
jawabannya tidak berarti ia akan lebih mewarnai atau melakukan perubahan di
penghidupannya agar lebih bermakna dan lebih berkesan lagi. Tes ini sebenarnya
merupakan pendekatan yang cerdas dan memberikan klarifikasi bahwa seseorang
yang hidup didunia akan menginginkan kehidupannya bermakna baik bagi diri
sendiri maupun bagi masyarakat lainnya.
3.
Periksa waktu anda
Buatlah
sebuah daftar singkat tentang apakah yang paling penting untuk hidup
anda(Orang,aktifitas dan nilai). Buat juga daftar dan waktu tentang
perbuatan-perbuatan yang positif dan yang negative pada akhir hari koreksilah
apakah hal-hal yang positif yang anda lakukan dalam sehari lebih banyak dari
pada hal-hal yang negative yang ada dalam hidup anda atau kita dapat membuat
parameter pahala dan dosa, sekecil apa dosa atau paha tersebut harus kita tulis
dalam daftar dan hitinglah waktu yang anda pakai buat beribadah,buat istirahat
buat tidur dan buat kerja Bila penilaian anda positif dalam artian berhasil
maka hidup anda telah bermakna dan harus di tingkatkan lagi secara frontal dan
segnifikan!
4.
Persembahkan Hasil kerja anda
ANda
dapat mempersembahkan pekerjaan anda sendiriseperti presentasi, panggilan
penjualan atau laporan kerja anda kepada orang yang anda kagumi atau yang
sangat penting dalam hidup anda. Anda akan dapat memasukkan pekerjaan anda
dengan tujuan dan makna ketika anda memikirkannya sebagai sebuah pemberian,
Jadi intinya bekerjalah bersungguh-sungguh unruk orang yang kita cintai dan
syukurilah apa hasil yang dihasilkannya
5.
Bayangkan dan gambarlah diri anda pada usia 90 than
Sisihkan
waktu dakam beberapa menit untuk membayangkan,menggambar dan nerenungi apa
bentuk atau gambaran diri kita setelah mencapai usia 90 tahun, seperti apa
kehidupan anda saat itu?apa yang telah anda selesaikan? Sehingga pada saat anda
sadar anda akan dapat menakar dan menilai tingkat kehidupan anda yang bermakna
atau yang kurang bermakna!!
Semoga
bermanfaat!
Sumber
: MIsteri otak kanan manusia (Daniel H Pink)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar